Menu

Ansor Way Kanan Siap Luncurkan “Ikhtiar Aswaja”

  Dibaca : 154 kali
Ansor Way Kanan Siap Luncurkan “Ikhtiar Aswaja”
Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Way Kanan, AnsorNews – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, Selasa (20/1) mengajak kader dan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) setempat menumbuhkan gerakan perekonomian untuk menjawab tantangan jaman, kebutuhan hidup termasuk menampik kepentingan politik praktis dengan ‘Ikhtiar Aswaja’.

“Setelah menggerakan perekonomian organisasi melalui penjualan madu, gagasan ‘Ikhtiar Aswaja’ sudah kami diskusikan dengan sejumlah pihak dan mendapat respon positif serta dukungan untuk pelaksanaannya,” ujar Ketua PC GP Ansor Way Kanan Gatot Arifianto gelar Ratu Ulangan di Blambangan Umpu, Selasa (20/1).

Dalam sejumlah literasi, demikian Gatot menjelaskan, ikhtiar diartikan sebagai usaha seorang hamba untuk memperoleh apa yang di kehendakinya. QS. Ar Ra’d ayat 11 menegaskan: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka melakukan perubahan terhadap keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”.
PC GP Ansor Way Kanan, demikian Gatot menambahkan, menerjemahkan “Ikhtiar Aswaja” sebagai Investasi Kambing Amanah Untuk Kebangkitan Ekonomi Keluarga Aswaja

Gerakan tersebut menurut Gatot pula yang merupakan alumni Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) Angkatan I dan Pendidikan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) Angkatan II PW GP Ansor Lampung, di bawah kendali Direktur Program Ansor Digdaya (Mendidik Generasi Memberdayakan Masyarakat) Heri Amanudin. Tujuannya, menumbuhkan kemandirian, memutus mata rantai ketergantungan terhadap pihak-pihak tertentu.

“Selain kader, warga Nahdliyin baik itu masyarakat sipil atau PNS di Way Kanan pada khususnya boleh menjadi investor untuk mensukseskan gerakan tersebut,” kata Gatot yang juga bergiat di Gusdurian Lampung itu pula.

Gatot selanjutnya menjelaskan tata cara mengikuti “Ikhtiar Aswaja” atau Investasi Kambing Amanah Untuk Kebangkitan Ekonomi Keluarga Aswaja. Pertama menyerahkan minimal satu hewan kambing betina produktif atau sejumlah uang seharga hewan kambing betina produktif kepada penyelenggara gerakan “Ikhtiar Aswaja”. Selanjutnya penyelenggara gerakan atau PC GP Ansor Way Kanan memberikan sertifikat “Ikhtiar Aswaja” kepada pihak yang berinvestasi sebagai bukti kepemilikan.

“Penyelenggara kegiatan melaksanakan pemeliharaan dan pembesaran hewan ternak dimaksud selama empat tahun. Selanjutnya, pola bagi hasil dari jumlah anak hewan kambing yang dihasilkan dari pengembang biakan terus berlanjut hingga bibit hewan ternak produktif, pemegang sertifikat juga mendapatkan laporan kegiatan.
“Bila kambing belum pernah melahirkan dan menghasilkan anak pertama maka anak kambing tersebut menjadi milik GP Ansor Way Kanan. Setelah kelahiran kambing yang pertama maka anak kambing dibagi dua antara peserta Ikhtiar Aswaja dengan GP Ansor Way Kanan. Investasi ini berlaku khusus untuk keluarga besar Nahdlatul Ulama baik di Way Kanan atau daerah lain,” kata Gatot menjelaskan.

Adapun manfaat mengikuti program Ikhtiar Aswaja ialah beribadah, sehubungan 2,5 persen dari harga jual kambing hasil investasi bukan induk akan diberikan pada anak yatim piatu.
“Melalui gerakan tersebut GP Ansor Way Kanan mengajak warga Nahdliyin mandiri, tidak tergantung pada orang lain serta terhormat di hadapan Allah dan sesama manusia dengan keberanian melakukan ikhtiar. Bagi yang menginginkan informasi lebih lanjut mengenai gerakan tersebut bisa menghubungi Direktur Program Ansor Digdaya Heri Amanudin di nomor 085609555768 ,” demikian Gatot Arifianto.

KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional