Menu

TKI Purna Layak Dapat Kredit Perbankan

  Dibaca : 165 kali
TKI Purna Layak Dapat Kredit Perbankan

AnsorNews.com, JAKARTA – TKI purna membuktikan diri patut mendapat bantuan modal perbankan karena mampu menghasilkan produk-produk bernilai jual. Hal itu terungkap ketika peresmian Bengkel Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Purna di kompleks BP3TKI Jakarta, Ciracas, Jakarta-Timur Senin (1/2/2016).

Dalam bengkel tersebut, para TKI purna dari Jakarta maupun TKI hasil sweeping memperoleh pelatihan ketrampilan usaha kuliner (katering)  termasuk pengemasannya, menjahit, dan kerajinan tangan atau industri kreatif seperti membuat aksesoris dari kulit kerang.

Ketika meresmikan bengkel tersebut,  Deputi Perlindungan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Lisna Y. Poeloengan menyatakan, bengkel difungsikan sebagai tempat pelatihan bagi para TKI hasil sweeping yang tinggal di penampungan BP3TKI Jakarta dan TKI purna Jakarta.

“Melalui bengkel TKI purna, kita bisa tunjukan hasil usaha TKI purna kepada perbankan. Bentuk usaha tersebut diantaranya kursus menjahit, memasak, serta industri rumahan, kata Lisna yang juga memuji ide pembangunan bengkel ini.

Selain meresmikan penggunaan bengkel, Lisna melakukkan teleconference dengan  beberapa BP3TKI dan Pos Pelayanan Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI). Dalam teleconference  itu, Lisna mengajak agar bisa melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan BP3TKI Jakarta. “Bengkel TKI purna ini sangat sederhana tapi manfaatnya luar biasa.”

“Ini merupakan terobosan Kepala BP3TKI Jakarta, semoga bisa diikuti BP3TKI lainnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga diresmikan TKI Shop guna membantu pemasaran hasil produk TKI Purna wirausaha. Pemasarannya dilakukan melalui situs toko online yang bernama TKI Shop dan dapat diakses di situs www.tki-shop.com.

Dalam kesempatan tersebut Deputi Perlindungan Lisna Y. Poeloengan berkesempatan berbelanja produk Kerupuk Kulit hasil produksi TKI Purna secara online.

Gara-Gara Gundah

Berawal dari kegundahan melihat TKI yang cuma makan, tidur, bengong, kumpul-kumpul atau keluar masuk kamar penampungan, Kepala Balai Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jakarta, Gatot Hermawan, mencetuskan ide membuka Bengkel TKI Purna.

“Kami memberikan pelatihan ketrampilan usaha kuliner termasuk pengemasannya, menjahit, dan kerajinan tangan atau industri kreatif seperti membuat aksesoris dari kulit kerang. Pelatihan berlangsung selama beberapa hari, yang penting mengisi waktu luang para TKI hasil sweeping tersebut, agar bermanfaat dan mendapatkan wawasan usaha,” ujar Gatot menjelang peresmian bengkel TKI purna di BP3TKI Jakarta, Ciracas Jakarta Timur, Senin (1/2/2016).

“Saya melihat ada banyak TKI hasil sweeping yang dititipkan di penampungan kantor ini.Sambil menunggu kepulangan mereka ke daerah asal, maka kita isi mereka dengan beberapa pelatihan, selain penyuluhan tentunya,” tambah Gatot.

Melalui pelatihan, tambah Gatot, kita harapkan mereka bisa mendapatkan beberapa ketrampilan. Sebelum pelatihan berlangsung diadakan penyuluhan mengenai proses penempatan TKI secara legal dan prosedural.

Dari pola ini, ada dua yang didapat para TKI. Pertama, mereka sadar jika ingin bekerja lagi di luar negeri menjadi harus melalui proses secara legal, prosedural, dan ada aturannya. Kedua, jika ingin menjadi wira usaha, maka yang bersangkutan bisa melanjutkan lagi di BP3TKI daerah asalnya.

“Kami akan berikan rekomendasi untuk diprioritaskan dalam pelatihan di BP3TKI daerah asal.  Selain itu juga akan kita berikan akses pemasaran dan permodalan,” tambahnya.

Mengenai instruktur, Gatot berasal dari TKI purna sendiri serta pegawai BP3TKI yang sudah dilatih. ” Selain TKI hasil sweeping, bengkel ini juga akan dimanfaatkan untuk pelatihan TKI purna asal Jakarta.”

Bengkel TKI purna  Jakarta, menurut Gatot,  akan terus dikembangkan. Memang untuk saat ini  hanya menyediakan fasilitas tempat,  peralatan, instruktur, akses pemasaran, dan akses permodalan. Adapun bahan pelatihan berasal dari TKI purna sendiri.

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional