Menu

Awasi APBD, GP Ansor Kab. Mojokerto Dorong Kader Melek Anggaran

  Dibaca : 116 kali
Awasi APBD, GP Ansor Kab. Mojokerto Dorong Kader Melek Anggaran

AnsorNews.com, MOJOKERTO – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, mengadakan pelatihan analisis anggaran bagi pengurus dan kader, agar memiliki kemampuan telaah  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto Purwanto mengatakan pihaknya telah mengelar pelatihan analisis anggaran sebagai bekal bagi kader Ansor untuk ikut berjuang mengawal transparansi anggaran dan belanja pemerintah Kabupaten Mojokerto.

“Bagaimana mewujudkan APBD benar-benar untuk rakyat, tidak hanya jargon saja,” kata Purwanto dalam siaran pers yang diterima AnsorNews.com, Selasa (15/3/2016).

Bertempat di kantor MWCNU Kecamatan Pacet, sebanyak 20 orang pengurus Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LKPPM), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor, serta pengurus harian GP Ansor Kabupaten Mojokerto digembleng selama 3 hari, sejak 26 hingga 28 Februari 2016.

Dalam hal ini, PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto menggandeng Fitra (Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran), lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang selama ini fokus di bidang pengawalan anggaran, untuk memberikan bekal kepada para pengurus GP Ansor.

Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto H Syihabul Irfan Arif berharap melalui pelatihan tersebut, Ansor mampu menguatkan peran-peran eksternalnya dalam mengawal kebijakan publik, terutama dalam hal penganggaran APBD Kabupaten Mojokerto.

Karena berawal dari penganggaran yang transparan dan akuntabel, APBD bisa benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. “Dengan belajar hal ini, Ansor harus bisa memberikan pembelajaran yang lebih luas kepada masyarakat, agar bisa memiliki akses yang sama dalam merumuskan kebijakan anggaran bagi kemaslahatan umat,” katanya.

Selain diisi oleh pemateri dari Fitra, acara penelitian analisis anggaran ini juga dihadiri oleh koordinator kaderisasi PW GP Ansor Jatim.

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional