Menu

Koperasi Sampah Ini Danai Gerakan GP Ansor Kadilangu

  Dibaca : 134 kali
Koperasi Sampah Ini Danai Gerakan GP Ansor Kadilangu
Koperasi Apik Resik

AnsorNews.com, PATI – Koperasi sampah dengan nama Apik Resik sudah beroperasi setahun. Koperasi yang digerakkan GP Ansor Kadilangu, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, ini menyumbang pendapatan kas organisasi tidak sedikit.

“Memang benar kalau kas Ansor berasal dari sampah yang kami kelola. Kami melatih kemandirian anggota terutama kader Ansor Kadilangu,” kata Ketua Koperasi Apik Resik Ahmad Radhi, Jumat (18/3/2016).

Radhi tidak menyebut angka kontribusi bank sampah yang dijalankannya bersama GP Ansor Kadilangu untuk kas organisasi.

Pembina GP Ansor Kadilangu Irham Shodiq membenarkan Radhi. Kini anggota Koperasi Apik Resik berjumlah 50 orang. Setiap 2 pekan sekali mereka menyetorkan limbah rumah tangga dengan kategori sampah nonorganik.

Koperasi ini diinisiasi oleh kader GP Ansor Kadilangu dalam rangka menjaga alam dari kerusakan akibat buang sampah sembarangan. Aktivitas koperasi sampah ini menegaskan bahwa kader muda GP Ansor memiliki kepedulian yang cukup besar untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan.

Operasi Koperasi Apik Resik adalah langkah GP Ansor membumikan perubahan paradigma pengelolaan sampah. Pengembangan koperasi ini harus menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk mulai memilah, mendaur ulang, dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun ekonomi kerakyatan.

“Pengelola koperasi sampah harus mempunyai jiwa sosial karena mengelola sampah ini membutuhkan tingkat kesadaran yang tinggi akan pentingnya kebersihan lingkungan,” kata Kepala Desa Kadilangu Heru, yang juga pengurus ranting GP Ansor setempat.

Inisiatif yang dilaksanakan kader-kader Ansor di Kadilangu itupun mendapatkan apresiasi dari fungsionaris Pimpinan Pusat. Bahkan, Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Coumas pun melontarkan kata singkat namun penuh makna.

“Hebat…!!!” ujar Gus Tutut.

Inisiatif lokal semacam itu memang perlu didukung dan dipromosikan oleh Pimpinan Pusat. “Keren banget,” kata Cakrawangsa, Wasekjen GP Ansor. (Hasannudin/Alhafiz K/Nuonline)

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional