Menu

Diklatsar Banser Kabupaten Garut

  Dibaca : 365 kali
Diklatsar Banser Kabupaten Garut

AnsorNews.com, GARUT – Diklatsar Banser Angkatan III Kabupaten Garut diselenggaralkan pada 18 – 20 Maret 2016 di Lapangan Bola Kampung Cikajar Desa Karangwangi Kec. Mekarmukti Kab. Garut, dengan jumlah peserta 185 orang dan peserta yang dinyatakan Lulus sebanyak 156 orang, sisanya 14 orang lulus bersyarat dan 15 orang dinyatakan tdk Lulus.

Kegiatan ini kerjasama dan didampingi oleh Kodim 0611 dari awal sampai akhir acara.

Acara ini dimulai¬† pada jum’at 18 maret 2016, dengan diawali pada Jum’at pagi registrasi peserta, pendirian tenda dan pengumpulan logistik dari peserta, karena setiap peserta diintruksikan membawa beras dan lauk pauknya untuk 3 hari. yang kemudian dilkumpulkan oleh panitia untuk dimasak di dapur umum.

Pada pukul 16.00 WIB dilaksanakan upacara pembukaan. KH. A. Sirojul Munir, selaku inspektur upacara dan sekaligus membuka acara Diklatsar III.

Pada malam harinya dilanjutkan dengan materi bela negara oleh kodim 0611 dan di lanjut dengan materi Kepemimpinan & Ke-ansor-an oleh PW GP Aansor Jabar sahabat Deni Ahmad Haidar & H. Aceng Amrullah. Dan sesi malam di akhiri materi Ke- banser-an dan Apel Malam oleh Ka.satkorcab Banser Garut sahabat Yudi Nurcahyadi.

Hari kedua (19 Maret 2016) diawali dengan Mujahadah, senam pagi, apel pagi dan materi PBBAB oleh Kodim 0611, yang dilanjut dengan Materi Wawasan Nusantara oleh ketua Dewan Penasehat PC GP Ansor Garut DR. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, kemudian pukul 13.00 dilanjutkan dengan materi Aswaja dan Ke-NU-an oleh Rois Syuriah PC NU garut KH. R.

Amin Muhyiddin Maolani, diteruskan dengan izajah (pengisian). Malam hari acara dilanjutkan dengan Tabligh Akbar oleh KH. Abdullah Nawawi Mdz, S.PdI (ketua PC GP Ansor kab. Bogor) dan KH. A. Abdul Mujib (PC NU Garut) yang dihadiri +- 3000 masyarakat Garut selatan.

Hari ketiga (20 Maret 2016) pkl 00.30 acara dilanjut dengan prosesi pemba’atan peserta diklatsart oleh KH. A. Abdul Mujib. Setalah itu dilanjutkan dengan Caraka Malam. Mujahadah, olahraga pagi, apel pagi dan dilajutkan dengan Bakti Sosial membuat jalan desa menuju pantai. Kemudian Long Mach dan pengukuhan anggota banser.

Pukul 13.30 wib Upacara Penutupan dan KH. A. Abdul Wahid (Ketua Tanfidziyah PCNU Garut) sebagi inspektur upacara sekaligus mentup acara diklasar. Dilanjutkan dengan RTL dan pembagian sertifikat kemudian Orasi Semut dan Bubar pada pukul 16.00.

Peserta Diklatsar III di fokuskan untuk wilayah garut selatan, karena wilayah ini terindikasi adanya organisasi anti Pancasila yang menyatakan bahwa negara ini thagut, dan menyatakan haram pada tradisi yang dilakukan oleh NU bahkan ada yang menyatakan kafir.  Maka kader banser sebagai khodinul ulama disiapkan untuk menjaga dan melawan hal tersebut agar tdk terjadi hal yang tidak diinginkan. (Subhan Fahmi, Ketua PC GP ANsor Garut; Yudi Nurcahyadi, Kasatkorcab Banser Garut)

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional