Menu

RAKERCAB II : GP Ansor Jombang Perkuat Kemandirian Kader

  Dibaca : 275 kali
RAKERCAB II : GP Ansor Jombang Perkuat Kemandirian Kader

AnsorNews.com, JOMBANG – Gerakan Pemuda Ansor sebagai organisasi pemuda Nahdlatul Ulama harus mampu menunjukkan perannya di tengah masyarakat.

Untuk meraih itu, setidaknya GP Ansor wajib : Pertama, menjadi organisasi yang berkarakteristik kuat dalam pengorganisasian (berjumlah besar secara kuantitas), tetapi juga kuat dalam mendidik dan melatih kadernya. Jika tidak memiliki keduanya, maka Ansor sebagai organisasi akan mengalami entropi (pembusukan). Kedua, kembali dan lebih akrab dengan 3 M (Ma’had atau Pesantren, Masjid atau Musholla dan Madrasah). Ketiga, melaksanakan secara disiplin 3 P (Penguatan atau Pengamalan Nilai dan Tradisi NU, Pengkaderan berkualitas dan Pengembangan potensi kader atau anggota.

Hal tersebut disampaikan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Jombang, H. Zulfikar Damam Ikhwanto pada acara Rapat Kerja Cabang II yang digelar di Aula Islamic Centre, Masjid Agung Baitul Mukminin Kabupaten Jombang, Selasa (27/09).

Menurut Gus Anto (panggilan akrabnya), saat ini dimensi yang ditangani pemuda Ansor sangat luas dan tentu eksistensi sekaligus kontribusi nyata sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, baik dimensi sosial, ekonomi, politik, budaya, dan agama. Secara umum, Ansor bertugas bela agama, bela ulama’ serta bela bangsa dan negara.

”Saya menginginkan Rakercab II ini difokuskan pada pengembangan potensi kader atau anggota, tentu ini bisa diketahui dan dilakukan berdasarkan data SIGAP yang sampai saat ini harus segera dirampungkan oleh PAC sekaligus rantingnya. Saatnya kerja nyata, berbasis data,” paparnya.

Saat ini PC GP Ansor Jombang sedang membangun dan mengembangkan usaha di bidang pertanian (UD. Sahabat Tani), produksi minuman kemasan (Banoe), Madu (Sorban), pembiayaan dan pendampingan usaha kader atau anggota bekerja sama dengan BMT terkait pembiayaan, harapannya segera mampu mendirikan BMT secara mandiri serta proses mendirikan Yayasan Sahabat Bhakti Nusantara (SABNU) Jombang.

KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional