Menu

OKU Gelar Peringatan Hari Santri Sebagai Wujud Nyalakan Api Resolusi Jihad

  Dibaca : 148 kali
OKU Gelar Peringatan Hari Santri Sebagai Wujud Nyalakan Api Resolusi Jihad

AnsorNews.com, OKU SELATAN –  Pemerintah Kabupaten OKU Selatan gelar peringatan Upacara Hari Santri Nasional II tahun 2016 di Desa Gunung Raya Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Sabtu (5/11).Ribuan santri berbaur dengan masyarakat disekitar lokasi uacara, yang sebelumnya para santri melakukan kirab dengan finis di lokasi upacara.a

Acara yang dilaksanakan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Dearah Kabupaten OKU Selatan ini sangat meriah terlihat dari bendera, baliho dan benner bertema Hari Santri dan lambang Nahdlatul Ulama serta antusiasme masyarakat disekitar lokasi.

Selain itu tentunya adalah hadirnya para santri beserta ustadz-ustadznya dari ponpes Se-kabupaten OKU Selatan, nampak dari seragam-seragam yang mereka kenakan.

Upacara yang didalamnya dibacakan resolusi pendiri NU Hadrotus Syaich Hasyim Asy’ari ini selaku pembinanya adalah Bupati OKU Selatan Popo Ali, B.Com.

Dalam amanatnya Bupati Popo Ali menyatakan bahwa peringatan Hari Santri Nasional adalah peristiwa penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia.

“Sejarah mencatat bahwa para santri (dan Kyai – red) telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan tersebut,” katanya.

Santri dengan caranya masing-masing bahu membahu bersama seluruh elemen bangsa melawan penjajah, baik didaerah maupun di Surabaya dengan puncaknya adalah peristiwa perang 10 November yang akhirnya ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

“Semua itu tak lepas dari peran KH. Hasyim Asy’ari pendiri Nahdlatul Ulama bersama kyai –kyai lainnnya dengan dicetuskannya Resolusi Jihad yang membakar semangat para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan,” tegasnya.

Ditetapkannya Hari Santri adalah untuk meneladani semangat juang ke-Indonesia-an dan kebhineka-an para pendahulu kita.

Ada yang menarik dari acara ini yaitu kehadiran Bupati Popo Ali didampingi oleh Wakil Bupati Sholehien Abuasir, karena bisa dikatakan jarang terjadi momen bersama seperti ini menginggat padatnya acara dua orang pemimpin OKU Selatan ini biasanya saling berbagi tugas kedinasan.

Dipanggung kehormatan nampak ,hadir juga seluruh kyai pimpinan ponpes se-kabupaten, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan, para kepala dinas, kapala badan, camat, perwakilan Polres dan tamu undangan lainnya.

Dalam Waktu yang bersamaan, setelah selesai dilanjutkan dengan pelantikan beberapa ranting MWC (Majelis Wakil Cabang) NU Kecamatan Warkuk Ranau Selatan oleh Ketua Tanfidziyah PC NU OKU Selatan Sholehien Abuasir yang juga sebagai Wakil Bupati.

Di kecamatan Warkuk ada dua MWC mengingat luasnya wilayah kecamatan tersebut, padahal lazimnya hanya berlaku setia kecamatan satu MWC.

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional