Menu

LPTQ Kabupaten Bengkalis ; Generasi Muda Qurani Penghafal Qur’an Terus Berkembang

  Dibaca : 180 kali
LPTQ Kabupaten Bengkalis ; Generasi Muda Qurani Penghafal Qur’an Terus Berkembang

AnsorNews.com, BENGKALIS – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bengkalis akan menggelar Musabaqah Hifdizl Qur’an (MHQ) antar Pondok atau Rumah Tahfidz ke-2 Se-Kabupaten Bengkalis, yang rencananya akan digelar 18 s/d 20 November mendatang.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas hafalan Alquran ini rencananya akan dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin. Pelaksananya akan dipusatkan di halaman kantor LPTQ Kabupaten Bengkalis, Jl Subrantas.

Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis, H Arianto, saat ditemui, Rabu (16/11/2016) mengatakan, MHQ ini juga dimaksudkan sebagai upaya mencari bibit-bibit muda penghafal Qur’an atau hafidz dan hafidzah yang nantinya diharapkan bisa bersaing untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, sambung Arianto, generasi muda Qurani penghafal Qur’an terus bertumbuh di Kabupaten Bengkalis. Ini ditandai dengan pesatnya perkembangan pondok atau rumah tahfiz di setiap kecamatan.

Dampaknya, jelas pejabat yang juga Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis ini, pada MTQ provinsi Riau ke-35 tahun 2016 di Pekanbaru kemarin, sedikitnya lima peserta produk MHQ jadi bagian dari kafilah kabupaten Bengkalis.

Mereka adalah, Sindi Klaudia (Rumah Tahfidz Ar-Rahman Kecamatan Bukit Batu), Siti Ashfiyatusholihah (Rumah Tahfdiz Al Falah Kecamatan Rupat), M Dalimanul Hakim (Pondok Tahfidz Darus Mahmud Kecamatan Bantan), Muhammad Syafa’at (Baitul Quro’ Wa Huffadz Kecamatan Bengkalis), dan M Danil Syahrizal (Pondok Tahfidz Jamiatul Huffadh Kecamatan Bantan.

“Alhmadulillah, pada MTQ ke-35 Tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru kemarin, Sindi Klaudia meraih juara III pada cabang Hifzil Qur’an 5 Juz Putri” jelas Arianto.

Terkait perlombaan MHQ nantinya, Arianto juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muslim untuk bersama-sama menyaksikan lomba religi tersebut.

Dibagian lain, Ketua Panitia MHQ ke-2, H Ahmad Pamuji menjelaskan peserta berasal dari 20 pondok atau rumah tahfidz se-Kabupaten Bengkalis.

“Memperlombakan cabang tahfidz golongan Hifdzil 1 juz, 3 juz, 5 juz, 7 juz, 10 juz, dan 20 juz. Panitia juga menyiapkan transportasi, konsumsi dan akomodasi bagi peserta atau official yang berasal dari kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat, Rupat Utara, Mandau dan Pinggir” pungkas ketua Pondok Pesantren Nurul Hidayah Kecamatan Bantan ini.

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional