Menu

Gus Yaqut: Kami Akan Terus Suarakan Penghentian Represi Dan Memboikot Myanmar

  Dibaca : 129 kali
Gus Yaqut: Kami Akan Terus Suarakan Penghentian Represi Dan Memboikot Myanmar

AnsorNews.com, JAKARTA – Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor mengecam keras segala bentuk represi terhadap muslim Rohingya, Myanmar yang terletak di sebelah utara Negara bagian Rakhine, Selasa 22/11/2016

Ketua Umum PP GP Ansor, Gus Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya dan sejumlah organisasi massa berencana menggelar aksi damai di depan kedubes Myanmar dan Sekertariat ASEAN di Jakarta untuk menuntuk krisis kemanusiaan tersebut segera diselesaikan.

“Ini sangat mengerikan. Aksi kami tunjukan atas nama kemanusiaan. Kami menuntut pemerintah menarik duta besar Indonesia di Myanmar” Tegasnya

Human Right Watch (HRW) melaporkan, berdasarkan pengamatan satelit, sebanyak 1.250 rumah warga Rohingya di lima desa Negara bagian Rakhine, Myanmar, rata dengan tanah, akibat hancur terbakar akibat serangan militer Myanmar. Sementara Reuters melaporkan setidaknya 86 warga tewas dan 30 ribu lainya melarikan diri akibat serangkaian aksi kekerasan militer terhadap muslim Rohingya.

Melihat perkembangan tersebut Ketua PP GP Ansor,Gus Yaqut, menambahkan krisis kemanusiaan atas represi militer dengan apapun alasannya harus segera dihentikan.

“Kami akan terus suarakan penghentian represi dan menyuarakan untuk memboikot Myanmar” Tegasnya

Myanmar yang saat ini diperintah oleh faksi politik yang dipimpin oleh pemenang Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi, menuai kritik keras oleh berbagai pihak dan organisasai International terkait penganiayaan oleh militer Myanmar terhadap komunitas muslim Rohingya. Ironi atas gelar sebagai penerima nobel tersebut semakin kentara setelah Suu Kyi justru bungkam. Tak hanya itu pemerintah Myanmar  bukan mengakui dan menindak pihak yang bertanggung jawab, teapi justru mencari “kambing hitam” atau pihak yang disalahkan. (hsym)

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional