Menu

Mohammed Shohayet, Muslim Rohingya yang Meninggal ‘Diburu’ Tentara Myanmar

  Dibaca : 269 kali
Mohammed Shohayet, Muslim Rohingya yang Meninggal ‘Diburu’ Tentara Myanmar

JAKARTA — Seorang remaja laki-laki di Bangladesh terlihat terbaring menghadap lumpur. Ia yang bernama Mohammed Shohayet telah meninggal.

Shohayet, merupakan satu dari banyaknya warga Rohingya yang mengungsi ke Bangladesh. Bersama dengan ibu, paman, dan adik laki-lakinya. Mereka tenggelam di sungai saat mencoba melarikan diri dari rumah di Rakhine, setelah kekerasan dengan pasukan militer terjadi di wilayah negara bagian Myanmar itu.
Ayah dari Shohayet, Zafor Alam, begitu pilu melihat gambar keluarganya yang tewas. Ia merasa tidak lagi berguna untuk meneruskan kehidupan tanpa orang-orang tersayang di dekatnya. “Ketika saya melihat gambar keluarga saya, saya merasa lebih baik mati meninggalkan dunia ini,” ujar Alam kepada CNN.

Gambar yang menunjukkan kematian Shohayet terlihat seperti remaja asal Suriah Alan Kurdi. Ia menjadi pengungsi yang melarikan diri dari perang di negaranya dan ditemukan tewas di pantai Turki pada September 2015.

Warga Rohingya di Myanmar disebut sebagai salah satu masyarakat minoritas yang paling teraniaya di dunia. Pemerintah di negara itu memandang mereka sebagai imigran dari Bengali. Padahal, fakta yang ada secara sejarah mereka adalah penduduk sah yang sudah turun-temurun menetap di Rakhine.

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional