Menu

Tidak Banyak yang Tahu, PLTP Ini adalah Karya Indonesia

  Dibaca : 210 kali
Tidak Banyak yang Tahu, PLTP Ini adalah Karya Indonesia

AnsorNews.com, BANDUNG – Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Indonesia saat ini mayoritas masih diproduksi oleh perusahaan dari luar negeri. Namun hal tersebut berusaha diubah berkat keberhasilan Badan Pengkajian dan Penertapan Teknologi (BPPT) dalam membangun PLTP berkapasitas 3 Megawatt yang berada di Kamojang, Jawa Barat.

Hal istimewa dari PLTP tersebut adalah selain menjadi purwarupa pembangkit listrik berskala kecil, PLTP 3MW Kamojang juga menjadi contoh bahwa Indonesia mampu membangun PLTP dengan komponen asli dalam negeri. Memang, tidak seluruh komponen dibuat di Indonesia, namun Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) teknologi tersebut telah mencapai separuh komponen dan melebihi persyaratan yang diberikan oleh Peraturan Menteri Perindustrian.

Deputi Informasi Energi dan Material (TIEM)-BPPT, Hammam Riza mengatakan bahwa PLTP 3 MW Kamojang merupakan proyek percontohan yang dibangun oleh para engineer BPPT. “Komponen utamanya didesain oleh BPPT dan dimanufaktur oleh industri dalam negeri. TKDN-nya mencapai 70 persen,” jelas Hammam seperti dikutip dalam situs Direktorat Jenderal EBTKE, Selasa (7/3).

Pembangunan PLTP 3 MW Kamojang merupakan bagian dari program “Inovasi Teknologi PLTP Skala Kecil dengan TKDN Maksimal”. Program ini merupakan program prioritas pemerintah nasional yang menugaskan BPPT untuk mampu menguasai teknologi pembangkit listrik tenaga panas bumi.

#goonewsfromindonesia.id

KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional