Menu

RPM Hasilkan Lima Draft Inisiatif Regional Wilayah Asia dan Pasifik

  Dibaca : 309 kali
RPM Hasilkan Lima Draft Inisiatif Regional Wilayah Asia dan Pasifik

AnsorNews.com, DENPASAR – Penyelenggaraan Regional Preparatory Meeting (RPM) International Telecommunication Union (ITU) telah menghasilkan lima draft inisiatif regional untuk wilayah Asia dan Pasifik tahun 2018 – 2012. Sekretaris Jenderal 嘉盛外汇 Kementerian Komunikasi dan Informatika Farida Dwi Cahyarini selaku Chairperson pada RPM ini menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengembangan inisiatif regional tersebut sebagai salah satu langkah pemenuhan tercapainya tujuan ITU.

“Indonesia berkomitmen penuh dalam mendukung tercapainya tujuan ITU dalam mengembangkan akses konektivitas, kesenjangan digital, dan inisiatif regional,” papar Farida dalam Penutupan RPM di Denpasar, Bali, Kamis (23/03/2017).

Lima draft inisiatif regional tersebut antara lain:

  1. Pembahasan terkait kebutuhan khusus dari negara berkembang, negara pulau kecil yang sedang berkembang termasuk negara kepulauan Pasifik, dan negara daratan.
  2. Pemanfaatan TIK dalam mendukung ekonomi digital termasuk masyarakat digital yang inklusif.
  3. Membantu perkembangan infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas digital juga termasuk dalam inisiatif tersebut.
  4. Pemberdayaan kebijakan dan lingkungan regulasi,
  5. Berkontribusi terhadap lingkungan yang aman dan tangguh.

Kelima draft inisiatif regional ini akan dibawa sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Pembangunan Telekomunikasi Dunia/World Telecommunication Development Conference 2017 (WTDC-17) yang akan diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina pada 09 s.d. 20 Oktober 2017 mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Biro Telekomunikasi dan Pengembangan (BDT) ITU Brahima Sanou menyampaikan bahwa RPM ini membantu terlaksananya koordinasi regional dalam persiapan WTDC-17, sekaligus mengidentifikasi isu-isu tingkat regional yang perlu dibahas dengan mempertimbangkan kebutuhan negara-negara anggota dan anggota dari kalangan sektor di wilayah Asia dan Pasifik.

“Saya menantikan WTDC yang akan dilaksanakan Oktober 2017 ini, di mana kita akan mengkaji hasil dan pencapaian kita, serta mendefinisikan langkah kita ke depan dengan cara baru dan inovatif untuk memenuhi dan mempercepat pencapaian Suistainable Development Goals (SDG’s),” ujar Sanou.

Sebelum penutupan sidang RPM tersebut telah dilaksanakan penandatanganan Host Country Agreement (HCA) untuk ITU Area Office yang disaksikan oleh Sekjen Kominfo Farida Dwi Cahyarini.

Kominfo.go.id

KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional