Menu

PPMN III 2017 sebagai Wujud Komitmen Kemenag RI Mengawal Gerakan Nasional Revolusi Mental

  Dibaca : 276 kali
PPMN III 2017 sebagai Wujud Komitmen Kemenag RI Mengawal Gerakan Nasional Revolusi Mental
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, MA, Saat Konferensi Pers

AnsorNews.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA menegaskan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III 2017 menjadi salah satu program strategis yang relevan dan penting di tengah tantangan kampanye ideologi transnasional yang merambah ke seluruh lapisan masyarakat. Hal ini beliau sampaikan pada konferensi pers PPMN III 2017 yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama RI, Selasa (09/05/17).

Menurut Kamaruddin lembaga pendidikan merupakan aspek fundamental yang harus kita bentengi dan jaga bersama. Ancaman ideologi transnasionalisme yang kini merambah kalangan pelajar dapat kita bendung salah satunya dengan penanaman karakter dan nilai moral serta cinta Tanah Air.

“Mereka adalah generasi masa depan bangsa dan karenanya rasa cinta Tanah Air harus ditanamkan sejak dini,” kata Kamaruddin.

Penyelenggaraan PPMN setiap tahunnya selalu mengangkat tema-tema yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Misalnya tahun ini dengan tema “Kreatif, Terampil dan Berkarakter” sebagai modal utama untuk mencapai tujuan bersama menanamkan nilai dan karakter jujur, patriotik dan ber-Bhinneka Tunggal Ika.

“Mereka harus paham bahwa pendiri bangsa ini telah bersepakat untuk menjadikan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang be-Bhinneka Tunggal Ika,” paparnya.

Kegiatan PPMN III 2017 ini juga merupakan wujud komitmen Kemenag mengawal pelaksanaan Gerakan Nasional Revolusi Mental dan Program Nawa Cita untuk menyiapkan tunas bangsa dan generasi masa depan yang lebih baik dalam mengisi kemerdekaan dan membangun peradaban dunia.

“Sementara kreatifitas dan keterampilan diperlukan dalam merespon modernitas, karakter kebangsaaan yang kuat akan menjadi pondasi kehidupan berbangsa dan bernegara bagi para calon pemimpin masa depan,” tutup Kamaruddin.

Kegiatan talkshow wawasan kebangsaan, lomba bercerita tentang Jasa Pahlwan Islam Indonesia, Pionering Aplikatif Budaya Nusantara, lomba pembuatan film cinta Tanah Air, pemecahan Rekor MURI tentang Pantun Melayu Talibun, Karnaval budaya, Ikrar Pramuka Madrasah Cinta NKRI, Bakti Sosioal akan mewarnai kegiatan PPMN III yang berlangsung pada tanggal 14-20 Mei 2017.

Editor:
KOMENTAR
Komentar

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional