Menu

Peserta Bangga Mengenalkan Budaya Lokal Pada Saat Lomba Pionering PPMN III 2017

  Dibaca : 275 kali
Peserta Bangga Mengenalkan Budaya Lokal Pada Saat Lomba Pionering PPMN III 2017
Dokumentasi Lomba Pionering PPMN III 2017

AnsorNews.com, BANGKA TENGAH – Lomba pionering yang mengangkat tema “Pionering Aplikatif: Budaya Nusantara” meriahkan PPMN III 2017 yang diikuti oleh 34 kontingen yang mewakili provinsi-provinsi di Indonesia. Sesuai dengan tema, pionering peserta PPMN membawa ciri khas daerah masing-masing.

Antusiasme peserta terlihat dengan ragam kreasi dalam membangun pola pionering, seperti salah satu peserta dari kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menawarkan konsep Tongkonan (Rumah Adat Toraja), Sulawesi Barat (Sulbar) menawarkan konsep Sandeq (Perahu khas Sulawesi Barat). Dikatakan oleh Fajruddin Mansur, Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Sulbar, mengangkat konsep Sandeq memiliki harapan masyarakat nusantara dapat mengenal budaya Sulbar.

“Kami sangat bangga mengenalkan budaya kami. Kami juga sangat senang bisa mengenal budaya daerah lain yang dibawakan oleh saudara-saudara kita melalui lomba pionering ini,” ucap Fajruddin di Bumi Perkemahan Pramuka Selawang Segantang Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (15/05/17)

Dijelaskan oleh Marbawi, wakil ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Pionering adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek. Tujuan pionering, dikatan juga, untuk memberi informasi, ilmu baru, dan mengasah keterampilan peserta dalam membuat sebuah model suatu objek sederhana yang nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan pada saat dan sesudah kegiatan kepramukaan.

“Manfaatnya bagi peserta diantaranya memupuk rasa kebersamaan, kekompakan, dan kerjasama yang baik antar peserta. Juga menumbuhkan proyeksi pemikiran peserta dalam merancang suatu objek sebenarnya,” katanya.

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional