Menu

LDK Jadi Salah Satu Kegiatan PPMN III di Bangka Tengah

  Dibaca : 141 kali
LDK Jadi Salah Satu Kegiatan PPMN III di Bangka Tengah
Dok. Kemeriahan Peserta LDK PPMN III 2017, Selasa (16/05/17)

AnsorNews.com, BANGKA TENGAH – Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) peserta Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III 2017 berlangsung meriah. LDK merupakan salah satu dari serangkaian acara PPMN III. Sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang kuat, handal, tangguh dan terpercaya untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara, Selasa (16/05/17)

Menurut Ahmad Zaky, MBA., pemateri dalam kegiatan LDK, untuk menjadi pemimpin yang baik harus memiliki visi dan mampu memberi spirit bagi orang-orang di sekelilingnya. Ini artinya, katanya, seorang pemimpin harus mengetahui apa yang diinginkan.

“Seorang pemimpin ingin orang lain bergairah atas aktivitasnya, tapi ini tidak mungkin dipaksakan bukan? Seorang pemimpin yang hebat akan menciptkan lingkungan tepat yang akan mampu membangkitkan gairah dalam melakukan aktivitas mereka,” katanya.

Menciptakan lingkungan yang tepat, menurut alumnus Amerika ini diantara dengan memiliki misi dan tujuan yang jelas, tepat dalam memberikan reward, mampu meciptakan iklim kepercayaan serta bisa menunjukkan keteladanan. Lebih dari itu seorang pemimpin harus mampu meyakinkan orang lain untuk mengikuti dirinya, sehingga seorang pemimpin dituntut memiliki visi dan tujuan yang jelas.

“Tujuan sangat berguna apabila tidak terlalu umum dan tidak samar, rinci dan tidak muluk-muluk,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut motivator yang telah mengisi diribuan seminar ini juga menjelaskan pentingnya penyusunan rencana bagi seorang pemimpin. Dijelaskan bisa membantu untuk tetap fokus pada tujuan, bisa memonitor kemajuan tiap langkah-langkahnya sekaligus menyeimbangkan tugas-tugas berdasar prioritas.

“Dengan tahu apa saja rencananya, akan mudah untuk mengubah rencana-rencana tersebut tanpa diliputi kekhawatiran tidak akan dapat mengerjakan yang lain. Jadi mampu meredakan tingkat stress karena kita sebagai pengendali dari program kita, bukan yang dikendalikan,” paparnya.

LDK PPMN III 2017 diikuti oleh 68 orang dari OSIS madrasah se-Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka Selawang Segantang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Editor:
KOMENTAR
Komentar

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional