Menu

Alumnus Madrasah Peraih IPK 3,99 di UGM Ini Beri Trik Khusus ke Peserta PPMN ke-3

  Dibaca : 64 kali
Alumnus Madrasah Peraih IPK 3,99 di UGM Ini Beri Trik Khusus ke Peserta PPMN ke-3
Muhammad Nabil Satria Faradis. Mahasiswa terbaik Universitas Gajah Mada 2015, yang lulus dengan nilai IPK 3,99 dari Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin di Depan Ratusan Peserta PPMN III 2017

AnsorNews.com, BANGKA TENGAH – Ratusan peserta Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III 2017 terlihat antusias menyimak motivasi dari sosok muda berprestasi Muhammad Nabil Satria Faradis. Mahasiswa terbaik Universitas Gajah Mada 2015, yang lulus dengan nilai IPK 3,99 dari Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin ini menyampaikan trik-trik sederhana hingga strategi khusus perjuangannya mencapai apa yang diraihnya hingga saat ini, termasuk langkah-langkah menuju cita-cita yang sedang dikejarnya.

Man Jadda WaJada. Siapa bersungguh-sungguh, pasti akan berhasil. Karena Tuhan maha adil, pasti tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya,” tegas alumnus Madrasah Aliah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong ini di Bumo Perkemahan Selawang Segantang, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah, Prov. Kepualauan Bangka Belitung, Rabu malam (17/05/2017).

Ia pun menekankan, prinsip man jadda wajada tidak akan berhasil dengan baik jika hanya untuk memuaskan ego pribadi. Menurutnya, didalamnya harus untuk tujuan orang lain. Ditegaskan, “Live is not about what we get, but what we give, and how to be more useful for others. Hidup bukanlah apa yang kita raih, melainkan apa yang kita berikan, serta bagaimana benar-benar bermanfaat bagi orang lain”

Diakuinya, apa yang diraihnya selama ini tak terlepas dari pendidikan yang telah dilewatinya. Dipaparkan, pendidikan di madrasah sebelumnya membentuk kepribadian tersendiri, khususnya tentang keharusan menuntut ilmu dan akhlak yang berdasarkan ilmu. Ia mengakui, mengetahui menuntut ilmu sebagai kewajiban dalam agama, sehingga ia berusaha memprogram dirinya untuk berusaha menjalankannya sepenuh hati. Ditegaskan juga, hadirnya pengetahuan tentang akhlak di madrasah membentuk pribadi yang selalu kurang dalam ilmu dan membuatnya merasa takut dengan sifat sombong. Tambahnya, banyak orang yang merasa berakhlak, namun karena tidak diikuti ilmu tentang akhlak, membuat orang tersebut justru tidak berakhlak namun yang ada hanya merasa paling berakhlak.

“Hanya di sekolah madrasah yang ada ilmu ini. Jadi sepatutnya kita bersyukur kita bisa mengetahui tentang ini. Menjalankannya, selain melaksanakan kewajiban juga akan mengantarkan pada cita-cita kita,” kata kelahiran Lumajang tahun 1995 ini.

PPMN III 2017 ini diikuti oleh 34 kontingen dariprovinsi-provinsi di Indonesia, yang tiap kontingen mengutus 20 orang yang terdiri dari 7 penegak putra, 7 penegak putri, 1 pengurus OSIS putra, 1 perngurus OSIS putri, 1 pembina putra, 1 pembina putri dan 2 orang Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda). Kegiatan ini juga diikuti oleh kontingen cabang se-provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tiap-tiap kontingen terdiri atas 18 orang. PPMN III 2017 ini berlangsung dari tanggal 14-20 Mei 2017.

Berikut Prestasi Singkat Muhammad Nabil Satria Faradis:

  1. Silver Medal and Active participant. Astronomy, National Science Olympiad (Olimpiade Sains Nasional).Manado 2011
  2. Selected as Science-Technology-Innovation Young Ambassador, Jenesys 2.0 Batch 22nd : Science and Technology 2014 held by Ministry of Research and Technology Republic of Indonesia, Japan Embassy, and The Japan International Cooperation Center (JICE). Japan. 15-23 September 2014.
  1. Selected as Indonesian Delegates, Young Changemakers. Youth Symposium MaD 2014. “Make a Difference”. Kwai Tsing Theater, Hong Kong. 10-13th January 201
  1. Selected as GE Foundation Scholar-Leaders Program. GE FSLP has grown to support outstanding students in higher education in fourteen countries around the world.
  1. Presenter in The 6th Indonesia Japan Joint Scientific Symposium. Simulation of Obstacles Avoidance Using Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Robot with Algorithm of Horse’s Jumping Technique in Order to Help Evacuation in Disaster Area. 29-30 October 2014.
  1. Participant, Shell Ideas 360 Student Competition 2013 / 2014. Shell Ideas 360 is a Global Competition for University Student to Develop Game Changing Ideas for tackling Energy, Water and Food Issues.
  1. Gold Medal and National Speaker. National Student Scientific Week (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) Semarang 2014
  2. Gold Medal and National Speaker. National Student Scientific Week (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional)Lombok. 2013
  3. Speaker in National Seminar Thermofluid V. Yogyakarta. 2013
Editor:
KOMENTAR
Komentar

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional