Menu

Malam Perpisahan PPMN, Nyala Api Unggun Banjir Air Mata

  Dibaca : 162 kali
Malam Perpisahan PPMN, Nyala Api Unggun Banjir Air Mata

AnsorNews.com, BANGKA TENGAH- Malam api unggun yang disusul dentuman dan kilat cahaya dari kembang api menjadi tanda berakhirnya kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III 2017. Ribuan orang datang memenuhi area Bumi Perkemahan Selawang Segantang, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah,  Prov. Kepulauan Bangka Belitung, Jum’at malam (19/05/2017) mengikuti upacara penutupan PPMN ke-3 ini. Dalam prosesi api unggun ini, sebelumnya diawali dengan pembacaan Dasa Dharma Pramuka.

Acara penutupan juga menampilkan rangkaian kegiatan seperti yel-yel semangat, ragam tarian kreasi daerah, pemutaran film dokumenter karya peserta, diputarkannya kilas balik seluruh rangkaian acara kegiatan PPMN 2017, hingga pesan dan kesan peserta selama kegiatan PPMN 2017 ini. Sejumlah peserta terlihat banjir air mata. Diakui Abdul Rahman Razak, peserta dari Papua, selama kegiatan PPMN di Bangka Belitung ini membangun ikatan persaudaraan tersendiri, sehingga merasa dirinya tak kuasa berpisah. Sedangkan Fadhillah Khairunna Saphira, peserta dari Jakarta ini terlihat tak kuasa menyahut, tampak sesenggukan dengan cucuran air mata di malam perpisahan.

“Saya sangat terharu. Persaudaraan yang terbangin di Bumi Perkemahan Selawang Segantang ini. Waktu begitu cepat. Meskipun kita telah membuat grup Whatsapp untuk komunikasi kedepannya, namun pertemuan disini benar-benar sulit saya ungkapkan dengan kata-kata ini. Saya sedih, meskipun saya benar-benar bersyukur bisa mengikuti PPMN 2017 ini,” kata Abdul Rahman dari MA DDI Jayapura.

Sementara itu, saat penutupan, Sekjen Pendidikan Islam Kemenag RI Muhammad Isom Yusqi mengingatkan agar ikrar “Perkemahan Madrasah Cinta NKRI” menjadi komitmen bersama yang diikuti dengan karya-karua inovatif, kreatif dan berkarakter. Ia berharap, ajang PPMN III 2017 menjadi momentum para peserta menjadi sebagai generasi penegak sekaligus pelopor kebangkitan bangsa.

“Tunjukan prestasimu, dan terus berkreasi dan inovatif,” kata Isom Yusqi dengan suara parau dan berlinang air mata.

Adapun Kepala Kanwil Kemenag Prov Kepulauan Bangka Belitung, Darlis, dalam penutupan tersebut menyampaikan laporan dihadapan tamu undangan dan seluruh peserta PPMN 2017 tentang pelaksanaan kegiatan PPMN 2017. Diataranya, ia mengapresiasi semua peserta yang selama acara PPMN ke-3 telah mengkhatamkan Alquran berulang-ulang.

“Alhamdulillah. Kegiatan PPMN tahun ini untuk bidang peribadatan bisa mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 5 kali,”, ungkap Darlis penuh senyum.

PPMN III 2017 ini diikuti oleh 34 kontingen dariprovinsi-provinsi di Indonesia, yang tiap kontingen mengutus 20 orang yang terdiri dari 7 penegak putra, 7 penegak putri, 1 pengurus OSIS putra, 1 perngurus OSIS putri, 1 pembina putra, 1 pembina putri dan 2 orang Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda). Kegiatan ini juga diikuti oleh kontingen cabang se-provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tiap-tiap kontingen terdiri atas 18 orang. PPMN III 2017 ini berlangsung dari tanggal 14-20 Mei 2017.

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional