Menu

GP Ansor Pekalongan Tolak Keras Full Day School

  Dibaca : 105 kali
GP Ansor Pekalongan Tolak Keras Full Day School

AnsorNews.com, PEKALONGAN – Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pekalongan menolak keras kebijakan Full Day School (FDS) yang digagas Mendikbud. Pasalnya hal ini dapat menggusur keberadaan Madrasah Diniyah (Madin) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an yang dikelola oleh masyarakat. Untuk itu GP Ansor meminta kepada Pemerintah dan Pemda untuk mencabut dan membatalkan kebijakan 5 hari sekolah atau Full Day School tersebut. Demikian ditegaskan M. Azmi Fahmi, Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Pekalongan dalam sambutan pembukaan Pendidikan dan Latihan Khusus (DIKLATSUS) Banser Lalu Lintas dan Protokoler yang digelar Satkorcab Banser Kabupaten Pekalongan Jum’at-Minggu, 11-13 Agustus 2017 kemarin.

Menurutnya, Kebijakan yang dituangkan dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah telah memunculkan gejolak serta keresahan di tengah masyarakat. Perlu diketahui, menurut data Kementerian Agama ada 76.566 Madin yang dikelola oleh kelompok masyarakat dengan peserta didik mencapai 6.000.062. Jumlah Madin dan muridnya itu bisa hilang karena adanya kebijakan FDS. Hal ini jelas akan memancing keributan di kalangan masyarakat. Sehingga bukan kemanfaatan yang didapat tetapi kekisruhan akibat kebijakan FDS.

“Jika tujuan FDS untuk penguatan karakter siswa sebagaimana klaim Kemendikbud semestinya dapat dilakukan dalam bentuk kebijakan kreatif. Selaras dengan local wisdom yang tumbuh sesuai dengan kultur di masyarakat, sehingga tidak menimbulkan gejolak” tandas Azmi

Azmi menambahkan bahwa pembentukan karakter dengan penambahan waktu atau jam sekolah adalah dua hal yang berbeda dan juga belum tentu selaras. Pembentukan karakter tidak secara otomatis bisa dicapai dengan cara menambahkan jam sekolah.

“Keberadaan pesantren, madrasah atau TPQ yang sudah secara nyata berkontribusi bagi pembentukan karakter mestinya justru diafirmasi dan didorong Pemerintah bukan justru dimatikan dengan kebijakan sepihak” pungkasnya.

 

Editor:
KOMENTAR
Komentar
iklan1-300x250iklan1-300x250

keaktifan TIM REDAKSI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional